Genset Aktif, Bandara Tetap Normal meski Listrik Padam
Berita

Genset Aktif, Bandara Tetap Normal meski Listrik Padam

Harga Genset – Akibat terganggunya Interbus Transformer (IBT) di Gandul, beberapa wilayah di Jakarta sempat padam termasuk Bandar Udara Soekarno-Hatta. Meski begitu, pihak Angkasa Pura menyatakan bahwa pelayanan operasional penerbangan dan pelayanan penumpang di Bandara Soekarno-Hatta tetap berlangsung normal.

Corporate Secretary PT Angkasa Pura II (Persero), Hari Cahyono, mengatakan bahwa pelayanan di bandara tetap dapat berjalan baik karena genset pembangkit listrik pendukung yang tersedia bekerja secara optimal. “Kami punya delapan genset yang mem-back up jalur-jalur prioritas. Saat pasokan listrik bermasalah, semuanya dapat bekerja dengan baik dan tidak ada gangguan,” kata Hari, dalam siaran pers, Rabu (25/4/2012).

Adapun delapan genset pendukung jalur prioritas tersebut meliputi jaringan teknik keselamatan penerbangan sebesar 3×850 Kilo Volt Ampere (KVA), Flight Information Diplay System sebesar 3×1600 KVA, terminal 3 sebesar 2×2000 KVA dan jaringan prioritas operasional pelayanan di terminal penumpang seperti check-in, x-ray, bagasi dan garbarata.

“Jadi genset itu langsung otomatis menyalurkan arus ke titik prioritas. Kalau untuk jalur yang non-prioritas memang tidak ada arus cadangan yang mengalir selama terjadi pemadaman,” jelas Hari. Berikut adalah jalur non-prioritas antara lain kawasan Terminal Kargo serta kios-kios tenant. Kemudian juga sejumlah lampu dan pendingin ruangan (AC) di terminal.

Untuk itu, Hari meminta maaf jika para penumpang sempat mengalami kekurangnyamanan saat menunggu penerbangannya. Meski pasokan listrik PLN mulai mengalir lagi ke Main Power Station (MPS) Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 14.00 WIB dengan tegangan sebesar 17 Kilo Volt (KV), suplai listrik tersebut masih belum dapat digunakan mengingat tegangan yang dibutuhkan sebesar 20 KV.

“Tegangan arus listrik yang dipasok PLN ke Soekarno-Hata berhasil mencapai 20 KVA tepat pada pukul 14.32 WIB, dan langsung kami salurkan ke seluruh fasilitas secara merata,” ujarnya. “Untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, genset tetap akan dinyalakan sampai pasokan listrik dari PLN sudah normal kembali,” tandasnya.

Sumber Genset

Related posts

Pakai Genset, AMMDes Bertenaga Listrik Mejeng di IEMS 2019

GeneratorSet

PLN Melunak Soal Pemakaian Genset di Mal

GeneratorSet

Ternyata Pakai Genset di Atas 200 KVA Harus Punya Izin

GeneratorSet

Leave a Comment

Open chat
1
hargagenset.net
Halo.. Ada yang bisa Kami Bantu