Tips Merawat dan Memelihara Genset
Tips

Tips Merawat dan Memelihara Genset

Harga Genset – Mari kita sedikit berbicara mengenai berbagai keluhan yang sering diutarakan oleh para pemilik genset yang ada di Indonesia. Rata-rata mereka menjawab bahwa gangguan operasional menjadi penghalang dan kendala ketika genset dibutuhkan, khususnya saat-saat genting.

Genset merupakan sebuah alat yang mudah dilupakan, mengapa? Karena bila tidak terlalu diperlukan, genset hanya akan disimpan di gudang penyimpanan dan dibiarkan berdebu tanpa ada perawatan lebih lanjut. Seperti misalnya, ketika pemadaman listrik oleh PLN sudah jarang terjadi, maka genset juga telah menjadi pilihan kedua dan seketika mejadi terlupakan. Alhasil, genset tersebut pun menjadi kurang perhatian dan tidak terawat, berdebu hingga akhirnya menjadi malfungsi dan gagal operasional saat digunakan di kemudian hari. Sang pemilik pun akan menyalahkan bahwa genset tersebut dibeli dengan harga mahal, namun cepat rusak.

Tapi! Tunggu dulu, jangan langsung menyalahkan kinerja dari genset tersebut, bisa juga karena Anda tidak bijak dalam menggunakan dan merawat genset milik Anda tersebut.

Biasanya permasalahan yang paling umum dan sering terjadi pada Genset antara lain:
· Aki sudah tidak cukup kuat untuk menyalakan mesin
· Saluran bahan bakar Genset sudah ‘masuk angin’

Kedua masalah yang sering muncul diatas tersebut merupakan dampak dari perawatan genset yang kurang teratur dari para pemilik atau penggunanya, yang dapat berakibat bagi semua merk genset, produksi apapun, dan kapasitas apapun. Jadi, dapat dikatakan bahwa ini adalah kegagalan dan kesalahan dari penggunanya.

Tak hanya sampai disitu, selain kedua masalah umum diatas, bila tidak dilakukan perawatan dan pemeliharaan yang rutin pada genset, maka akan berakibat kepada masalah yang lebih besar lagi, seperti kerusakan yang diakibatkan oleh radiator kering, radiator kotor, oli kotor, mesin overheat, kabel power terlepas, hingga rumah mesin yang kebanjiran. Jadi, ini semua menjadi tanggung jawab pengguna bila tidak melakukan perawatan dan pemeliharaan dengan baik.

Jadi kesimpulannya, bila tidak ingin genset milik Anda berakhir dengan keadaan rusak yang cukup parah, maka lakukan perawatan rutin secara berkala dan selalu
pastikan keadaan mesin dan berbagai komponen yang ada di dalam genset secara teratur, untuk tetap menjaga performa genset tetap optimal ketika dibutuhkan.
Ingat! Jaminan garansi genset hanya berlaku untuk service gratis, sementara untuk kerusakan dan butuh penggantian spare part, pemilik harus menggantinya sendiri. Untuk itu, selalu gunakan dan rawat genset Anda.

Untuk mendapatkan genset murah dan berkualitas, pastikan selalu Anda memilih Hartech.co.id, sebagai solusi cerdas dan mudah urusan jual genset dengan berbagai spesifikasi dan ukuran yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tips Lainnya

Genset yang merupakan alat yang di kenal sebagai alat untuk menghasilkan daya listrik yang biasanya di gunakan oleh rumah rumah yang berada di daerah pedesaan, perusahaan, toko toko dan sebagainya. Genset yang merupakan singkatan dari Generator set ini tentu saja seperti alat lainnya yang membutuhkan perawatan khusus agar dapat di gunakan dalam jangka waktu yang lama dan tetap berjalan dengan Optimal. Dengan perawatan yang tepat, maka Genset pun dapat bekerja secara efektif dan Awet. Berikut kami berikan beberapa Tips Cara Perawatan Genset yang tepat.

10 Cara Perawatan Genset Yang Tepat :

  1. Letakkan Genset pada tempat yang kering

Genset merupakan salah satu alat yang harus di rawat dalam hal peletakkannya, karena apabila Mesin Genset ini diletakan secara sembarangan, air, terik matahari dan lainnya dapat membuat genset cepat rusak, bahkan dapat mendatangkan sengatan listrik.

  1. Jaga kebersihan Genset

Dengan memperhatikan kebersihan Genset, maka Generator Set yang anda miliki akan jauh lebih Optimal dan terlihat tetap Bagus. Bersihkan debu, kotoran, minyak, air yang menempel pada Genset, terutama di bagian Radiator Genset ini secara teratur, sehingga Genset tak akan mudah rusak.

  1. Ganti Spare part Genset yang sudah Aus termakan Usia

Ketika sudah di gunakan dalam kurun waktu tertentu, dan ada Sparepart dari Genset ini yang sudah tidak bias bekerja secara optimal, maka gantilah Sparepart tersebut sebelum Komponen Genset lainnya ikut rusak dan tentu saja dapat membuat Genset mati secara keseluruhan jika tidak segera di atasi. Untuk mengetahui Komponen komponen Genset apa saja dan kapan waktu yang tepat untuk memeriksa atau mengganti Bagian tersebut, maka anda dapat mengetahuinya dengan membaca buku panduan yang tersedia ketika membeli Genset tersebut.

  1. Pastikan ada sirkulasi udara yang baik.

Ketika Genset dioperasikan pada sebuah ruangan, maka pastikan ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang baik. Hal ini ditujukan untuk membuat Gas Buang dari pembakaran Genset yang ada dalam asap knalpot dari Genset tersebut dapat terbuang dengan baik. Dengan sirkulasi udara yang baik, selain dapat membuat pengguna lebih aman dari racun, juga dapat membuat Mesin Genset tidak gampang panas.

  1. Pastikan pengoperasian Genset dengan benar.

Ketika hendak menggunakan Genset baik Genset Baru maupun Genset Bekas, maka pastikan anda benar benar tau bagaimana cara menggunakannya sehingga tidak akan terjadi hal hal yang tidak di inginkan dan terjadinya kerusakan pada Genset. Sebaiknya baca buku petunjuk Penggunaan Genset atau konsultasikan kepada Penjual Genset tempat Anda membeli Genset.

  1. Segera matikan jika terjadi hal yang mengganjal.

Ketika anda sedang mengoperasikan Genset dan terjadi sesuatu yang tidak wajar ataiu tidak normal, contohnya seperti suara yang begitu kencang (lebih keras dari biasanya), atau juga getar yang terlalu kuat, maka segera matikan genset tersebut. Segera cek ulang kondisi Genset tersebut dalam kondisi Mati.

  1. Perhatikan Kabel kabel instrument.

Pada bagian Genset terdapat kabel kabel yang harus di perhatikan, dan sangat perlu di rawat karena kabel kabel tersebut merupakan bagian dari perlengkapan penting dalam sebuah mesin Generator set itu sendiri.

  1. Periksa bahan bakar

Yah, bahan bakar merupakan hal penting yang patut di perhatikan sebelum menggunakan Mesin Genset itu sendiri, karena dengan bahan bakar yang tidak mencukupi / tidak tepat, maka genset mudah rusak karena mengalami kekeringan.

  1. Lakukan pemeriksaan Distilled Water pada bagian Battery

Pada battery tersedia distilled yang harus di isi ulang dalam kurun waktu tertentu, biasanya 2 hingga 3 tahun para pemilik di wajibkan untuk mengisi ulang Battery tersebut, jika tidak maka akan berpegaruh pada kinerja genset itu sendiri.

  1. Cek Oli Mesin Genset secara berkala.

Oli Mesin Genset merupakan salah satu bagian Penting Genset. Lakukan pemeriksaan secara berkala , dan Gantilah Oli Mesin Genset apabila sudah mulai hitam / keruh, atau volume Oli yang sudah berkurang dibawah kadar normal. Sebaiknya Anda mengganti setiap 6 bulan sekali atau bila kondisi Oli sudah tidak normal.

Nah itulah beberapa Tips Cara Perawatan Genset yang tepat yang dapat menjadi sumber informasi anda ketika anda memiliki mesin generator set ini.

Sumber Genset

Related posts

Membeli Genset Apa yang Harus diperhatikan

GeneratorSet

Genset Agar Tahan Lama

GeneratorSet

Tips Memilih Genset yang Tepat Untuk Usaha Anda

GeneratorSet

Leave a Comment

Open chat
1
hargagenset.net
Halo.. Ada yang bisa Kami Bantu